Selasa, 22 Maret 2011

Connect SSH via Proxy

Tulisan ini awalnya bermula dari keinginan saya untuk bisa menggunakan ssh via proxy. Selama ini, saya harus punya IP Public untuk bisa SSH. Atau, menggunakan modem 3G. Terpikir oleh saya, masa sih nggak bisa di tunnel? (Harusnya) ada cara untuk bisa connect ssh via web. Ternyata memang ada. Silakan lihat di http://www.princeton.edu/itsecurity/technical/browserssh/

Sayang seribu sayang, saat artikel ini ditulis, link download yang berada pada halaman tersebut, menampilkan error 404 alias Page Not Found. Tapi, karena saya pernah berhasil, saya tulis cara lainnya..

Aplikasi MindTerm sendiri, ternyata bisa diambil di alamat : http://linux.softpedia.com/get/Terminals/MindTerm-5952.shtml . Mengingat itu adalah aplikasi Java, tentu saja Linux Anda harus terpasang Java. Pertama, Anda harus men-download Java JRE. Paketnya bisa download dari situs Java. Tapi karena saya pakai Ubuntu, saya tinggal pake Synaptic dan pilih sun-java6-jre. Atau jika via console, ketikkan : sudo apt-get install sun-java6-jre


Langkah berikutnya adalah memastikan Java sudah berjalan. Panduan lengkap untuk menguji Java bisa dilihat di alamat http://javatester.org/version.html.

Pada Ubuntu, saya menggunakan perintah : java -fullversion

Hasilnya adalah sebagai berikut : java full version "1.6.0_20-b20"

Sudah berhasil? Download MindTerm untuk Linux di SoftPedia seperti pada alamat diatas.

Langkah-langkah ini saya tulis dengan menggunakan file mindterm (saat itu) versi mindterm312.jar. Saat ini sudah mencapai versi 3.4.

Berikut langkah-langkahnya kalau di Ubuntu.

1. Klik kanan file mindterm312.jar

2. Pilih Open With "Sun Java 6 Runtime"

3. Lalu, untuk connect via proxy, pilih Setting -> New Server

4. Isi baris Server di tab General.

5. Lalu isi Username.

6. Authentication dibiarkan pada Custom List.

7. Pilih Tab Proxy.

8. Pilih Proxy Type. Saya pakai HTTP.

9. Isi Server dan Port.

10. Lainnya, dibiarkan pada kondisi default.

11. Lalu klik Connect.


Jika muncul permintaan login, maka Anda akan berhasil melakukan SSH via proxy.


Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar